World TB Day: Ayo, lakukan sesuatu untuk Indonesia bebas TB

TB Day_1

Setelah 133 tahun Dr. Robert Koch menemukan Mycobacterium Tuberculosis, kuman penyebab TB, hingga kini penyakit ini masih belum bisa diberantas hingga tuntas. Menurut catatan Global Report TB 2014 yang dikeluarkan oleh WHO, masih ada 9 juta masyarakat dunia yang terjangkit kuman TB. Dari jumlah itu, sekitar 3 juta pasien TB yang tak terjangkau oleh pelayanan kesehatan yang memadai. Sementara sekitar 1,5 jiwa atau sekitar 16,6 persen, berujung maut dan sekitar 360 ribu jiwa positif TB-HIV.

Saat ini, 24 Maret 2015, masyarakat dunia kembali memperingati Hari TB sedunia atau World TB Day. Ini adalah saat yang tepat untuk mengajak berbagai elemen masyarakat bahu membahu berpartisipasi dalam penanggulangan TB. Masyarakat perlu terus waspada dengan masalah TB, berusaha mencari solusinya dan tak henti berupaya menanggulangi penyakit ini. Tujuannya agar tak ada lagi manusia yang terjangkit bahkan meninggal akibat kuman TB. Selain itu untuk mendorong seluruh warga dunia terlibat dalam pemberantasan TB.

Bagi ‘Aisyiyah yang mulai tahun 2014 ini hingga 2016 kembali dipercaya sebagai Principal Recipient Global Fund melalui program Community TB Care ‘Aisyiyah, perlu memikirkan langkah dan strategi baru untuk berperan dalam upaya menjangkau mereka yang belum terjangkau. Mereka penderita TB yang ada di pelosok atau bahkan di tengah-tengah kota, namun tidak atau belum memiliki akses kesehatan. Community TB Care ‘Aisyiyah mendorong terbukanya pintu yang selebar-lebarnya untuk mendeteksi mereka yang potensial terjangkit TB sekaligus memberikan pendampingan pasien menuju kesembuhan.

Community TB Care ‘Aisyiyah sadar upaya ini bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal mustahil. Selama masyarakat memiliki kepedulian dan tekad yang kuat, bersama-sama mereka bisa. Karena itu, dengan penuh semangat Community TB Care ‘Aisyiyah mengusung tema peringatan TB Day 2015 dengan sebuah ajakan kongkrit “AYO LAKUKAN SESUATU UNTUK INDONESIA BEBAS TB”. Kegiatan ini akan dilaunching secara khusus oleh Ketua Umum PPA dan Menteri Kesehatan, yang rencananya akan dimeriahkan dengan Panggung dan Pentas Kesenian pada acara car free day di Bundaran HI.

Untuk keperluan itu Community TB Care ‘Aisyiyah akan mengadakan banyak kegiatan dari yang bersifat nasional hingga lokal. Kegiatan ini akan melibatkan pelayanan TB di 12 Provinsi meliputi 48 kabupaten. Kegiatan ini juga akan didukung oleh mitra maupun 90 Kelompok Masyarakat Peduli TB di berbagai daerah.

Bentuk kegiatan kongkrit yang akan dilakukan cukup beragam. Di antaranya kegiatan penyadaran masyarakat (melalui public event, seminar, talk show dll). Kegiatan ini menjadi media untuk berbagi pengalaman apa yang sudah dilakukan ‘Aisyiyah dalam penanggulangan TB. Juga kegiatan yang dimaksudkan untuk memperluas penjaringan suspek (melalui berbagai kegiatan penyuluhan di sekolah, kampus, maupun balai desa), dan pelayanan langsung bagi mereka yang ingin deteksi TB. Kegiatan-kegiatan yang bersifat partisipatif juga digelar, di antaranya melalui malam amal atau penggalangan dana (fund rising) agar masyarakat luas, baik individual, kelompok, maupun perusahaan melihat peluang ini sebagai ladang untuk berkhidmat bagi masyarakat yang kurang beruntung.

Kegiatan ini akan menyasar masyarakat terduga TB yang belum terjangkau dan khalayak umum di ruang publik. Juga komunitas-komunitas maupun kelompok profesi, seperti guru, pengajian, paguyuban. Tidak ketinggalan kegiatan juga diarahkan bisa menjaring angkatan muda. Selain agar mereka semakin sadar akan bahayanya penyakit TB, sekaligus menjadi harapan sebagai generasi yang aktif memberantas TB di masa depan. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kelompok masyarakat di tingkat akar rumput. Mereka warga tingkat RT, RW, di sebuah desa atau kelurahan. Aksi kegiatan penyadaran masyarakat juga akan dilakukan dalam bentuk yang kreatif. Misalnya dengan menyelenggarakan Lomba Foto Nasional dengan tema : “Ayo Lakukan Sesuatu Untuk Indonesia Bebas TB”.

Aksi untuk bisa menjangkau masyarakat yang belum terpapar informasi terkait TB juga akan digelar dengan melibatkan sosial media. Dengan memanfaatkan jaringan sosial media antara lain twitter, instagram, fb, dll berbagai informasi dan layanan diharapkan akan semakin mudah diterima masyarakat luas.

Tulis komentar

Kantor PR TB 'AISYIYAH

Jl. Dukuh Patra No.25 Menteng Dalam
Tebet, Jakarta Selatan
Indonesia – 12870
Telp/Fax: 021-8296478

Tentang kami

INDUK ORGANISASI

Halaman sosial media: