TB Care ‘Aisyiyah bermitra dengan Dinkes Kota Tangsel berantas TB HIV

AirinMemberantas TB sesekali perlu penyemangat. Kerja sama dengan mitra antar lembaga ibarat darah segar yang kembali menggugah semangat kerja itu. Inilah yang dilakukan oleh SR Community TB Care ‘Aisyiyah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) agar tidak kalah dengan terus berkembangnya penyakit TB. Beberapa waktu lalu, Community TB Care ‘Aisyiyah Kota Tangsel bermitra dengan Bidang Promosi Kesehatan dan SDK Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Agenda kerjasama apalagi kalau bukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai PHBS (Perilaku Hidup bersih dan Sehat) dan Penyakit TB-HIV.

Diawali dengan audiensi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Tangerang Selatan dan Tim SR Community TB Care ‘Aisyiyah Kota Tangerang Selatan ke Pemerintahan Kota Tangerang Selatan pada 11 Februari 2015. Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Nandang Effendi (Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan) dan Ibu drg. Ida Lidia (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia) Pemkot Tangerang Selatan. Menurut penuturan Ibu Ida, penyakit TB perlu ditangani bersama antara masyarakat, dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Oleh karena itu, dia merekomendasikan kami melakukan audiensi lebih lanjut dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

Pertemuan yang ditunggu itu akhirnya terjadi pada 19 Maret 2015. “Saya menyambut baik kegiatan TB Care ini dalam rangka penanggulangan penyakit TB di Kota Tangerang Selatan,” ungkap Bapak Suharno, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Lebih lanjut lagi beliau juga mengundang PDA Kota Tangerang Selatan untuk ikut serta dalam forum tahunan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan, untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya. Tujuan diadakannya Musrenbang adalah untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat, yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan di bawahnya. Selain itu juga dimaksudkan untuk menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya. Dalam kesempatan Musrenbang, PDA Kota Tangerang Selatan mendapatkan mandat kemitraan dengan Bidang Promosi Kesehatan dan SDK Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Bentuk kemitraan ini adalah Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Mengenai PHBS dan Penyakit TB-HIV dengan fokus lokasi di Kecamatan Setu.

Dalam acara Penguatan Kemitraan antara Pemerintah dengan Masyarakat ini, Ibu Iin Sofiawati selaku Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan SDK Dinas Kesehatan menuturkan bahwa anggaran kegiatan kemitraan dengan PDA Kota Tangsel sudah tercantum di APBD dengan total anggaran sebesar Rp 30.000.000. Walaupun belum tertuang dalam legal dokumen (MoU), kegiatan kemitraan ini sudah berjalan dengan sosialisasi dan penyuluhan sebanyak tiga kali.

Selain kemitraan melalui sosialiasi dan penyuluhan, Dinas Kesehatan juga mengikutsertakan PDA Kota Tangerang Selatan pada beberapa kegiatan lainnya seperti kegiatan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Mengenai Kawasan Bebas Rokok di Kota Tangerang Selatan dan Pembinaan Kota Sehat dalam rangka Penilaian Kota Sehat Nasional. Dalam Pembinaan Kota Sehat, indikator TB Paru menjadi point penting yang perlu diperhitungkan. Data TB dari Tim SR sangat signifikan untuk mendukung dalam penilaian Kota Sehat di Kota Tangerang Selatan.

Tulis komentar

Kantor PR TB 'AISYIYAH

Jl. Dukuh Patra No.25 Menteng Dalam
Tebet, Jakarta Selatan
Indonesia – 12870
Telp/Fax: 021-8296478

Tentang kami

INDUK ORGANISASI

Halaman sosial media: